Rabu, 11 April 2012

Gowes ke Waduk Cengklik


narsis di tengah jalan :)

Objek wisata Waduk Cengklik ini terletak di dukuh Cengklik Desa Ngargorejo dan Sobokerto Kecamatan Ngemplak, kurang lebih 20 kilometer ke arah timur laut Kota Boyolali. Kalau dari daerah Jongke kediaman Ranz Waduk Cengklik terletak kurang lebih 15-17 kilometer. Waduk Cengklik merupakan salah satu tujuan favorit para pesepeda yang berada di daerah sekitarnya. Setelah gowes beberapa puluh kilometer, sesampai di Waduk Cengklik para goweser bisa menikmati sarapan dengan berbagai macam menu makanan.


background: DPRD Kota Surakarta :)
Aku sendiri telah dua kali diajak gowes ke Waduk Cengklik oleh Ranz. Yang pertama ketika aku pertama kali berkunjung ke Solo 20 Juni 2011. Namun berhubung waktu pertama gowes kesana hari Senin, tidak banyak warung yang buka, hanya satu dua. Para pesepeda pun yang kutemui di perjalanan hanya satu dua.


background Waduk Cengklik


waduk Cengklik dari jauh


Gowes ke Waduk Cengklik yang kedua tanggal 19 Februari 2012, pas hari Minggu. Banyak sekali goweser yang kutemui di jalanan maupun yang sudah sampai disana dan menikmati wisata kuliner di warung-warung yang tersedia di pinggir jalan di daerah Waduk Cengklik. Salah satu menu favorit para pengunjung konon adalah pecel wader. Aku sendiri waktu gowes kesana yang kedua, memesan nasi pecel minus wader. Untuk satu porsi nasi pecel yang lumayan mengenyangkan aku hanya perlu mengeluarkan uang Rp. 2500,00. Teh nasgitel yang enak satu gelas seharga Rp. 1000,00, sedangkan satu biji gorengan harganya Rp. 500,00.

Rute yang biasanya kulewati bersama Ranz ke Waduk Cengklik adalah sbb: Jongke – Slamet Riyadi – Colomadu – pasar Colomadu – belok kanan ke ke arah jembatan perempatan, kemudian belok kiri. Dari sini tinggal lurus saja mengikuti petunjuk arah ke Waduk Cengklik. Jika gowes ke Waduk Lalung, aku dan Ranz bisa mengambil rute yang berbeda pulangnya, dari Waduk Cengklik kita mengambil rute yang sama.

Perjalanan kurang lebih 30-35 kilometer.

GL7 10.39 100412
perjalanan ke Cengklik 20 Juni 2011

background Cengklik 20 Juni 2011
siluet latar belakang Waduk Cengklik 20 Juni 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar