Cari Blog Ini

Selasa, 23 April 2013

Gowes Asik di Kota Palagan

FROM ATLAS CITY TO PALAGAN CITY

mejeng dulu, mumpung masih seger, belum berangkat :)
Bersama sekitar 22 goweser lain dari kota Atlas, aku dan Ranz mengikuti ajakan Uncle Duck – nickname buat seorang rekan gowes – untuk gowes di kawasan Palagan Ambarawa pada hari Minggu 14 April, exactly on my loved Ranz’s birthday. Honestly, kebiasaan hanya gowes berdua dengan Ranz membuatku awalnya agak enggan menerima undangan ini. Namun beberapa hari menjelang hari H, Andra merengek-rengek meminta kita berdua ikut karena dia ingin ikut. Dengan iming-iming bakal berenang di pemandian Muncul, (sudah sangat lamaaaa aku tidak menyempatkan diri berenang) akhirnya aku setuju untuk ikut.

aku dan Dian sedang melipat sepeda

Ranz iseng :-P
Andra dan suami yang mengantar sampai RL

Aku dan Ranz sampai di meeting point – depan toko sepeda RL daerah Bangkong – sekitar pukul 05.45, molor 15 menit dari jam yang ditentukan. Disana sudah ada beberapa teman yang duduk manis menunggu yang lain. Kuperkirakan kita paling lambat akan meninggalkan meeting point pukul 06.30, satu jam kemudian setelah jam yang ditentukan untuk berkumpul. Namun ternyata kita baru berangkat sekitar dua jam kemudian – pukul 07.30 – karena sang EO Uncle Duck justru datang kesiangan, padahal dia lah yang membawa mobil pickup untuk mengangkut sepeda-sepeda kita. Selain mobil pickup yang disetiri Uncle Duck, ada (kalau tidak salah ingat) 5 mobil lain untuk mengangkut pesepedanya: aku, Ranz dan Andra ikut mobil Om Topo ketika berangkat; selain itu masih ada mobil Om Ari Bjo (Ketua B2W Semarang), Om Yuniar, Om Dany Saputra, dan Pak Eko. Tidak semua sepeda masuk ke pickup, sebagian lain masuk ke mobil-mobil yang lain.

jelang berangkat, di halaman gedung Telkom Ambarawa
 Perjalanan lumayan lancar – lewat tol hingga kita keluar di daerah Ungaran – meski di daerah Bawen agak tersendat. Sekitar satu setengah jam kemudian kita sudah sampai di gedung Telkom Ambarawa dimana kita menurunkan sepeda dan bersiap-siap berangkat gowes. Sudah ada 3 selier lain dari Ungaran dan Salatiga. Sementara itu ada 5 teman gowes dari Ambarawa yang bersedia menjadi pemandu kita, Om Iwan sebagai Road Captain, Om Agus sebagai sweeper, dan tiga orang lain lagi sebagai marshall. Ini berarti total ada 31 pesepeda, 27 berseli-ria sedang 4 yang lain naik mtb.

mulai gowes

Uncle Duck, sang EO gowes kali ini
Om Iwan dari Ambarawa, sang RC

di gerbang masuk Bukit Cinta Ambarawa
Kita mulai gowes pukul 09.22, menurut catatan ‘sports tracker’ di hapeku. Aku tidak begitu paham lokasi mana saja yang akan kita kunjungi selain pemandian Muncul; seperti biasa aku hanya mengikuti road captain, menikmati setiap kayuhan, menikmati pemandangan hehijaun di depan mata, sekaligus unjuk narsis tiap kali Ranz mengarahkan kameranya kepadaku. :) Spot pertama yang kita kunjungi adalah Bukit Cinta; sayangnya kita ga sempat explore lokasi disini, mungkin karena teman-teman sudah sering kesini (padahal ini adalah kali pertama buatku), atau mungkin juga mereka sudah keburu kelaparan. Kita memang belum sempat sarapan waktu berangkat.

di gerbang masuk Bukit Cinta

Dari Bukit Cinta kita lanjutkan perjalanan ke pemandian Muncul. Trek rolling, permukaan jalanan berupa aspal yang sudah mengelupas, dengan badan jalan yang cukup sempit padahal ramai dilewati kendaraan bermotor. Kita memang harus ekstra hati-hati. Sesampai di pemandian Muncul (catatan di sports tracker menunjukkan bahwa kita baru gowes sejauh 10 kilometer), kita langsung menyerbu rumah makan dimana menu andalannya berupa nasi pecel dengan lauk ikan wader, belut, keong, dan ayam. Tak ketinggalan tentu gorengan yang berupa mendoan dan tahu. Gorengannya masih hangat mengepul membuat kita lahap memakannya sementara menunggu pesanan nasi pecel datang.

Dian dan Om AB mejeng di depan warung makan tempat kita brunch
yummy gorengan yang masih mengepul waktu disajikan,

wader yang gurih dan renyah, nikmat! :D
pecel yang bumbunya meski berwarna merah tidak terasa pedas

Usai makan dan beristirahat kurang lebih selama satu setengah jam, karena waktu sudah cukup siang (molor dari dua jam dari prakiraan semula), kita pun memutuskan untuk tidak jadi berenang! (Nana dan Om Topo kecewa karena kita sudah persiapan membawa baju renang, hiksss ... but pablebuat?) Setelah brunch, kita langsung melanjutkan gowes. Jangan memintaku untuk menulis detil nama-nama jalan yang kita lewati karena aku tidak kenal. Hehehehe ... Sang mentari yang di awal gowes nampak malu-malu, semakin siang ternyata menyapa kita dengan sangat ramah, hingga mulailah hidung Ranz yang sensitif bermasalah, memerah dan gatal. :(

pemandangan sekitar yang indah dipandang mata :)

hello Andraaaa :)
Iqbal dari Ungaran

Ratna dari Ungaran dan Maria dari Salatiga

Ranz sang fotografer :)

foto yang kewreeeen :)

Rute gowes yang dipilih oleh sang road captain melewati areal persawahan jadi enak dipandang. Di kejauhan kita bisa menikmati pemandangan gunung (Ungaran kah?) yang biru kehijauan, seirama dengan langit nan biru. Bagiku yang biasa bikepacking dari kota ke kota, rute rolling ini biasa saja, kecuali bahwa kali ini aku dan Ranz tidak berdua saja sehingga tidak bisa semau sendiri pengen mampir dimana.

trek offroad 1

trek offroad 2
setang Pockie, sepeda Ranz :)

meski nuntun, terus semangat! :)
Satu kali kita berhenti di depan perumahan Graha Candi Soba untuk menunggu teman-teman yang masih tertinggal jauh di belakang. Untunglah ada Hagi, goweser termuda di antara kita semua sehingga bisa dijadikan ‘bahan’ olok-olokan untuk kita tertawa (bukan bullying lho ini). Setelah siang, lewat message yang dikirim kakaknya ke Tayux, baru ketahuan kalau Hagi ternyata tidak pamitan ke orang tuanya akan gowes ke Ambarawa, dia hanya pamit gowes CFD-an doang. :) Nah Lo.
ban sepeda Om Agus bocor!

yuuukkk tuntun tuntun :D

Sandra lagi ngapain yaaa? :)

Ketika meninggalkan Graha Candi Soba – entah bagaimana ceritanya – sang road captain (RC) memilih rute yang berbeda dari rute yang ‘diujicoba’ oleh beberapa teman ketika gowes survey seminggu sebelumnya. Namun justru mulai disinilah rute yang menantang menanti kita: rute offroad. Rute offroad ini murni merupakan satu ketidaksengajaan karena ternyata RC pun hanya mencoba-coba trek ‘terdekat’ untuk mencapai jembatan Tuntang, demi mengirit waktu. Bagiku yang sudah lama tidak XC, rute offroad itu pun menjadi sangat exciting: pertama kali gowes (semi) XC dengan naik sepeda lipat. Yeaaaayyyyy ... :)

Da Ningrum dan Tayux

Hagi yang tidak pamit ortu :D

Om Yuniar yang sebelum berangkat sempat kena encok :-P

Semi :)
Rute offroad satu terlewati disusul dengan rute offroad yang berikutnya. One then another. One and another. LOL. Hingga akhirnya kita pun kembali ke jalan raya dan menemukan mini market, salah satu tujuan mampir untuk ngadem plus beli jajanan + es krim. Jarak yang kita lewati ternyata tidak begitu jauh, hanya kurang lebih 30 kilometer secara keseluruhan. Setelah merasa cukup beristirahat di mini market itu, kita kembali ke gedung Telkom yang terletak kurang dari 500 meter dari mini market.
Austin dilipat lagiiii, sebelum masuk ke mobil untuk pulang ke Semarang

Di gedung Telkom kita regrouping, siapa ikut mobil siapa, sepeda dimasukkan ke mobil siapa. Kebetulan Ranz mendapatkan tumpangan dari kenalan baru – kalau tidak salah namanya Maria – yang datang dari Salatiga naik mobil, sedangkan Pockie dititipkan di mobil pickup Uncle Duck untuk kemudian dititipkan di Bjo’s Pit, bengkel sepeda milik Om Ari Bjo di Tembalang. Andra ikut mobil Pak Eko karena mereka tinggal di daerah yang berdekatan di Semarang Timur. Aku tetap ikut mobil Om Topo bersama Om Affandi. Kita bertiga sama-sama tinggal di kawasan Semarang Barat.

Ga jadi bike to swim gapapa lah kali ini karena diganti dengan trek offroad yang masih seliable, untunglah tidak baru diguyur hujan hingga tidak terlalu berlumpur. Ga kebayang dah kalau harus melewati trek berlumpur dengan naik seli. :)

Thanks untuk semua yang terlibat, terutama Uncle Duck, sang pencetus ide, Om Topo yang memberiku tumpangan, Andra yang merengek-rengek ngajakin aku ikut. And as always, my loved Ranz atas foto-fotonya yang kewreeen. :)

See ya next time guys. :)