Senin, 21 September 2015

Austin, my 4th year old baby

Austin, brand new, just arrived in September 2011

Gegara postingan di facebook beberapa hari lalu, aku akhirnya 'ngeh' kalau Austin, my downtube nova 20" folding bike, telah menginjak usia 4 tahun. Well, jika dibandingkan dengan orang, Austin masih balita ya. Tapi, dia sangat perkasa karena telah menemaniku mbolang ke beberapa propinsi lho. :)

background : Candi Ngempon, Kabupaten Semarang Desember 2012

Aku beli Austin bulan September 2011, tak lama setelah aku memulai petualangan bikepacking bersama Ranz. Ini kulakukan karena aku merasa bahwa mbolang dengan membawa sepeda mendadak terasa menjadi satu kebutuhan. :) Ini karena aku sadar bahwa Snow White bukan milikku semata, kakakku membelikan Snow White -- sepeda lipat 20" produk polygon -- untuk adik-adiknya yang berada di Semarang. Ketika aku merasa bahwa hobi bikepacking bakal berkelanjutan, kebutuhan memiliki sepeda lipat pun terasa mendesak. (ga lebay kan ya? lol) Meskipun begitu, tatkala mbolang ke Tawangmangu bulan Desember 2011, aku masih mengajak Snow White. Alasannya adalah, Pockie waktu itu belum memiliki rak boncengan. Otw ke Tawangmangu, aku naik Pockie, sedangkan Ranz naik Snow White yang di rak boncengannya ada tas pannier, berisi barang-barang kebutuhan kita.

Austin pertama kali kuajak ke luar kota di event Joglo Attack, di bulan Mei 2012. Berangkatnya loading bareng teman-teman. Dari Prambanan ke Solo, aku menaiki Austin. Pulangnya ke Semarang, aku naik Cleopatra, sedangkan Ranz naik Austin.

Bulan Agustus 2012, kita mbolang ke Tuban. Aku masih mengajak Snow White, meski Pockie telah dipasangi rak boncengan. Ini adalah kali pertama kita mbolang, aku naik Snow White dan Ranz naik Pockie. :) Bulan November 2012, waktu kita mbolang ke Trowulan, kemudian dilanjut ngikut Jamselinas 2 di Surabaya, aku tetap naik Snow White, Ranz naik Pockie.

Austin akhirnya mengambil alih peran Snow White ketika kita mbolang ke Purwokerto, bulan Maret 2013.  Pertama kali aku dan Ranz memasangkan Austin dan Pockie ketika mbolang. :) Kali kedua waktu nonton Waisak di Borobudur bulan Mei 2013. Ketiga waktu kita ngikut event raceplorer di Jogja bulan Juni 2013. Berikutnya waktu kita mbolang ke Pantai Klayar ke Pacitan, bulan Agustus 2013.

Bulan November 2013, Austin kuajak dolan ke Jogja lagi untuk ngikut event J150K alias Jogja 150 kilometer. Akhir bulan Desember, lagi-lagi ke Jogja, untuk ikut ngeramein JLFR alias Jogja Last
 Friday Ride, dilanjut dengan gowes susur selokan, mampir ke beberapa candi. Wahhh ... berapa kali sudah ya Austin kuajak dolan ke Jogja? :)

Januari 2014, kuputuskan untuk upgrade Austin. Gear yang semula "hanya" 7, ku-upgrade menjadi 27 speed, gear depan 3, gear belakang 9. Ini gegara dikompori seorang teman yang bilang, "Sayang lho kalo downtube nova tidak di-upgrade." hohohoho ... Syukurlah waktu itu ada rejeki berlebih sehingga bisa meng-upgrade.

Debut Austin dengan wheel-set baru adalah ... gowes ke Jogja lagi. LOL. Eh, ga ke Jogja ding, melainkan "hanya" ke Prambanan, akhir bulan Januari 2014. Semula aku dan Ranz mau ke Lasem, tapi ga jadi gegara hujan berminggu-minggu menyebabkan pantura banjir. Setelah balik ke Solo, kita lanjut gowes ke Sangiran.

Bikepacking selanjutnya -- bersama Austin dan Pockie -- adalah berkunjung ke Blitar dan Malang, mimpi yang cukup lama mengendap akhirnya terwujud juga. Ini kita lakukan di akhir bulan Juni sampai awal Juli 2014. Di bulan September, aku dan Ranz ke Lasem lagi, gegara sangat ingin mengunjungi vihara Ratanavana dan Rumah Candu. Kedua destinasi wisata ini, sayangnya belum berhasil kita kunjungi karena sesuatu dan lain hal. Di bulan Oktober, aku dan Ranz ditemani Andra kita gowes dari Semarang ke Jogja dalam rangka menghadiri Jamselinas keempat. .

Awal tahun 2015, Austin kuajak mbolang lagi ke Borobudur, bikepacking rame2 :) Tapi aku ga bisa lanjut ke Jogja dan Solo karena anak semata wayangku sakit sehingga setelah mengunjungi Candi Mendut, au pulang ke Semarang. Austin tetap melanjutkan perjalanan karena ada Dwi yang bersedia menaikinya :)

Di bulan Mei, aku dan Ranz mbolang ke Baluran. Kita tetap setia menduetkan Austin dengan Pockie disini. :) Pertama kali Austin kuajak naik kereta api dalam kurun waktu yang cukup lama, 13 jam! :)

Barangkali, puncak dari segala kisah bikepacking yang telah kita jalani -- so far -- adalah mbolang selama lebih dari 10 hari ke Bali dan Lombok. :) Tapi tentu kita tetap berharap di masa depan kita akan mbolang dengan tujuan yang lebih jauh lagi dan waktu yang lebih lama lagi. Semoga terwujud ya? :)

26/09/2015

2 komentar: