Senin, 24 Maret 2014

Latihan Bareng & Seleksi Srikandi #4 tingkat Jateng - DIY

Menurut surat instruksi dari B2W Pusat, para calon peserta Gowes Srikandi #4 tahun 2014 tingkat Jateng + DIY harusnya berlatih bersama 4 kali, di Semarang, ditemani Om Irwan. Namun mengingat kelima peserta tinggal di kota yang berbeda (Jepara, Solo, Jogja dan Semarang), akan merepotkan yang tinggal di luar Semarang (hanya aku yang diuntungkan karena kebetulan aku tinggal di Semarang), maka oleh Om Irwan, para peserta diminta latihan sendiri-sendiri di kota masing-masing. Baru tanggal 23 Maret 2014 kita mengadakan latihan bersama sekaligus seleksi.

Giant XTC versus Cleo + Roadchamp

Kita diminta berkumpul di ujung Jalan Pahlawan di depan gerai A*e H***ware pukul 05.00. Aku dan Ranz sampe sekitar pukul 05.10. Disana sudah ada Om Irwan dan Nte Dyah (dari Jogja) yang ditemani oleh suaminya Om Chandra. Sekitar 10 menit kemudian Motik (dari Solo) datang, ditemani Da Ningrum. Da tidak akan mengikuti seleksi kali ini, dia hanya mengantar Motik ke tikum. :)


Ki-ka = Ranz, Dyah, aku, Da, Motik


bersiap berangkat dari kawasan CFD
To Ranz's surprise (me too), kedua peserta ini naik sepeda merk Giant XTC; meski milik Motik spesifikasi wheelsetnya jauh lebih 'komplet' dibanding yang dinaiki Dyah. (Lhah, padahal aku hanya naik Cleo 2.0 dengan gear depan 3 dan gear belakang 8; dan Ranz malah naik sepedaku Wimcycle Roadchamp dengan gear depan 3 dan gear belakang 7. (Trust Ranz's powerful knees! Lha wong di 'latihan' pertama tahun ini aja dia naik BMX. :) )

Sekitar pukul 05.30 Endah dari Jepara belum juga muncul. Setelah Da telpon, baru kita mendapatkan kepastian bahwa Endah mengundurkan diri karena tidak bisa datang ke Semarang. Sakit adalah alasan yang dia pakai.

Setelah berdoa bersama, kita meninggalkan lokasi pukul 05.45 dengan Om Irwan sebagai tour leader. Berbeda dengan tahun lalu Om Irwan naik motor -- marshall-nya juga naik motor -- tahun ini Om Irwan ikutan naik sepeda. Jika tahun lalu ada beberapa teman dari Komunitas B2W, B2C, maupun Komselis ikutan gowes bareng, tahun ini kita hanya gowes berenam: Om Irwan, keempat peserta seleksi dan Om Chandra. Ada seorang marshall yang mendampingi kita, yang sekaligus menjadi sweeper. :) (Aku lupa nanya namanya siapa. heheheh)

Tahun ini kita mengambil rute yang sama dengan tahun lalu : JL. PAHLAWAN -- JL. VETERAN -- RSUP DR. KARIADI -- JL. S. PARMAN -- JL. RINJANI -- JL. S. PARMAN -- JL. SULTAN AGUNG -- JL. SEMERU -- STADION JATIDIRI KARANGREJO -- BENDAN -- UNNES -- UNGARAN -- SEMARANG.


Om Irwan, road captain merangkap mekanik :)


yang kerja satu, yang lain ngerubung doang :D
Jika tahun lalu 'kecelakaan' yang terjadi di hampir usai gowes, yakni di Ungaran, ban sepeda yang dinaiki Bunga bocor, kali ini 'kecelakaan' terjadi di awal, yakni waktu kita sampai di Bendan, pas di jalan yang tanahnya paling labil, hingga sisi jalan kiri dan kanan tidak sama tingginya. Pertama, satu ruji roda belakang Orenj -- yang dinaiki Ranz -- patah. Ranz langsung berteriak memberi tahun Om Irwan, namun kita masih melanjutkan gowes. Tak lama kemudian patah satu lagi, dibarengi rantai sepeda putus. PERFECTO! :( :(

Di dekat 'kecelakaan' ini terjadi ada rombongan pesepeda yang sedang nongkrong. Om Irwan kenal mereka, namun tentu ga ada lah yang membawa ruji atau pun rantai sepeda sebagai 'persiapan kecelakaan'. :) Om Irwan pun dengan cekatan menyambung rantai, namun ruji yang patah, apa boleh buat? Ga bisa diapa-apain. Kebetulan ruji roda tidak berukuran standard -- kata Om Irwan -- sehingga tidak bisa dia stel. Walhasil, rantai berhasil disambung, namun rem belakang tidak bisa berfungsi.

Maka begitulah. Menapaki tanjakan tajam menuju Unnes, Ranz naik Wimcycle Roadchamp dengan 2 ruji roda belakang patah sehingga ban terus bergoyang tatkala berputar. (Once again, trust Ranz's powerful knees!) Aku naik Cleo 2.0 (milik Ranz yang dia dapatkan dari gowes Srikandi #2 tahun 2012); Motik dan Dyah naik Giant XTC.


akhirnya kita foto berduaaaaa :)


Om Irwan bersama keempat (calon) Srikandi :)

Sesampe Unnes pukul 07.25, kita sempat berfoto-foto bersama dan beristirahat selama kurang lebih 30 menit. Pukul 07.55 kita melanjutkan perjalanan menuju Ungaran. Kita sampai di RM Bu Surti pukul 08.40. Saatnya sarapaaaan. :)


warung langganan Om Irwan kala gowes ke Ungaran


Dyah sadar kamera sendiri :)

Kita meninggalkan RM Bu Surti pukul 09.20. Sinar mentari mulai terasa terik. Perjalanan cukup lancar. Kita sampai di Jalan Pahlawan -- di seberang tikum berangkat, pukul 09.55. Setelah ngobrol dan foto-foto bersama, kita membubarkan diri dan meninggalkan lokasi. Catatan waktu kita lebih baik ketimbang tahun lalu. Mungkin juga karena tahun ini peserta lebih sedikit sehingga lebih cepat.


sepeda kita ikut mejeng yaaa?


sebelum membubarkan diri :)

Dan ... kita berempat pun dag dig dug menunggu pengumuman. :) I believe we all have done our best. Tinggal yang beruntung saja yang akan ketiban sampur berangkat ke Sulawesi.

GG 15.50 24/03/2014

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar