Senin, 03 Maret 2014

Bapak Walikota Semarang di Segowangi #1

foto bersama usai gowes bareng

Segowangi!

Yay!

Akhirnya aku dan teman-teman yang terkumpul di grup whatsapp B2W Semarang 'merumuskan' nama SEGOWANGI alias SEMARANG GOWES JEMUWAH BENGI untuk kembali menghidupkan gowes bareng rame-rame di hari Jumat terakhir tiap bulan. Menggunakan Boso Jowo agar 'ring a bell', juga agar tak terkesan latah menggunakan istilah yang sudah sangat mainstream "LAST FRIDAY RIDE". (Contoh ada JLFR di kota Jogja, ada KLFNR di kota Kudus, ada SLFR di kota Solo, juga ada MLFR di kota Madiun. dlsb.)

Penyelenggaraan Segowangi adalah oleh-oleh dari kehadiranku + Ranz mengikuti JLFR di akhir bulan Desember 2013 lalu. Waktu itu Om Poetoet 'menyentil'ku, "Hayooo Semarang kapan ada gowes hari Jumat malam lagi? Tolong dong dibangkitkan lagi kegiatan itu, tapi ga usah pake nama CRITICAL MASS RIDE, ganti menggunakan Boso Jowo. Perlu diingat penyelenggaraannya harus yang rapi ya? SHARE THE ROAD. Jangan memenuhi badan jalan sendiri. Jangan seperti saat SCMR dulu itu." (Check this link ya?)

Seharusnya Segowangi dimulai bulan Januari. Sayangnya aku dan Ranz telah memilih berbikepacking di akhir bulan Januari 2014 gegara Jumat terakhir itu bertanggal merah. Hohohoho ... Plus, musim hujan sedang 'hangat-hangatnya'. LOL. Hujan turun tiap hari tanpa pandang waktu, pagi, siang, sore, malam.

Akhirnya tanggal 28 Februari 2014 Komunitas B2W Semarang -- didukung penuh oleh PemKot Semarang -- pun berhasil menyelenggarakan Nite Ride yang konon telah ditunggu-tunggu para penggemar gowes malam-malam di kota Semarang. (Hadeeehhh, kalo hobi gowes malem ya tinggal gowes malam hari aja yah? Ngapain nunggu event? hihihihihi ...) Om Budi Tjahjanto -- mantan Camat Candisari -- berhasil mendatangkan Bapak Walikota untuk ikut gowes bareng para penggemar NRer. Atas jasa beliau juga para peserta bisa menikmati snack yang nyam nyam lumayan mengisi perut sebelum gowes. Selain itu Dishub pun dengan suka rela ikut mengamankan rute yang kita lewati, plus para anggota Satpol PP yang menjadi 'marshall' dadakan. Duh, terharunya dirikuuuu.


Pak Walikota memberi sambutan sebelum gowes bareng

Segowangi #1 ini mengambil rute Balaikota (Jalan Pemuda) menuju Tugumuda - Jalan Dr. Soetomo - Jalan Veteran - Jalan Pahlawan - Simpanglima - Jalan Ahmad Yani - Jalan MT Haryono - Bubakan - Kota Lama - Jalan Pemuda - Balaikota. Kita bersepeda tidak memakan waktu lama karena Bapak Walikota yang sangat bersemangat didampingi jajarannya sehingga bersepeda dengan ngebut. :)

Introspeksi:

Di awal penyelenggaraan, kita masih rapi berjajar dua-dua di belakang Road Captain Dany Saputra yang didampingi Om Budi Tjahjanto. Namun sesampai Jalan Veteran, bisa jadi karena badan jalan lebih sempit ketimbang Jalan Dr. Sutomo dan padatnya lalu lintas, para peserta tak lagi berjajar dua-dua. Sebagian besar terbawa ritme Pak Wali yang ngebut.

Semoga penyelenggaraan bulan berikutnya lebih rapi. Amin.

GG 08.38 04/03/2014

N.B.:
Special thanks buat Victor Riu Danar untuk ini itu itu ini. Jangan kapok ye? :)

1 komentar: