Rabu, 13 November 2013

J150K : Gowes Jogja Heritage - Tamansari

Day 2 : Minggu 10 November 2013 – Gowes ke Tamansari (FULL NARSIS!)

aku dan Cipluk di Jalan Cik Di Tiro Jogja

rombongan narsis di Tugu Jogja :-D

Cipluk, Tante Maya Bikeberry, aku dan Evie di lantai 5 EduHostels

Sekitar pukul 07.00 aku dan teman-teman Komselis telah sampai di EduHostels. Juwanto Reza – satu-satunya juara Audax Borobudur yang naik sepeda lipat – ikut gowes ke Goa Selarong. Yang lain gowes kulineran ke Pakualaman dan sekitarnya. Aku, Ranz dan Cipluk tertinggal di EduHostels karena Evie menawari kita sarapan di hotel. :-D Usai sarapan baru kita keluar gowes dengan tujuan: TAMANSARI. J

di pintu masuk/keluar Istana Air Tamansari

silakan menunduk sebelum masuk :)

pethakilan di atas genteng :)

di lorong Masjid Sumur Gumuling

Bapak Guide sedang nunjuk ke arah Merapi dan Merbabu :)

Tamansari mungkin terletak sekitar hanya 3 kilometer dari EduHostels. Sesampai Tamansari, pintu loket penjual tiket masih tutup. Untunglah ada seorang guide yang dengan ramah menemani kita untuk eksplor gedung-gedung di sekitar Tamansari. Gowes hari kedua ini kita full hanya untuk unjuk narsis sampai puasss! Oleh Bapak Guide kita ditunjuki tempat-tempat yang sangat mengesankan untuk foto-foto, sembari disuguhi cerita bagaimana di beberapa bagian bangunan yang dulu digunakan oleh raja Ngayogyakarta untuk bersemedi, bangunan-bangunan yang dulu ditinggali para selir raja, anak-anak (selir) raja, dapur, yang hampir semuanya hancur karena gempa yang terjadi di bantul tahun 2006, hingga tentu tak lupa masjid Sumur Gumuling yang terletak di bawah tanah.

di tangga Masjid Sumur Gumuling, di bawahnya adalah sumur yang dulu konon dipakai untuk berwudhu

narsis yak? :)

sekedar menuruti perintah tukang foto :)

narsis tak habis-habis :D

lorong Masjid Sumur Gumuling

Setelah selesai eksplor bangunan kuno di sekitar Tamansari, kita masuk ke Tamansari. Aku menunjukkkan Evie kolam yang konon dulu dipakai mandi para selir raja, dan bilik dimana dulu konon raja mengintip para selirnya mandi. J
Sekitar pukul 10.30 kita memutuskan untuk kembali ke EduHostels.
Rencananya setelah check out, Evie akan ikut kita ke penginapan kita – Lekker Je Cafe yang terletak di Jalan Cik Di Tiro. Sore itu aku akan pulang ke Semarang sementara mereka bertiga akan melanjutkan perjalanan ke Solo naik kereta.

ini bangunan apa ya? lupa :)

sumur 'keberuntungan' :)

serasa model yeaaahhh :)

kolam pemandian Tamansari

Evie dengan kekuatannya mengangkatku dan Cipluk :-D

Evie mencoba merasakan zaman dulu raja mengintip selir-selirnya mandi :-D

no comment ah :-D

Sebelum balik ke Lekker Je, kita ke Pakualaman dulu untuk mencicipi rujak es krim. Untuk makan siang, Evie dan Cipluk memesan gado-gado, sedangkan Ranz seporsi mie bakso.Selain menikmati seporsi rujak es krim, aku tidak memesan apa-apa karena masih merasa kenyang.

rujak parut (tanpa es krim)

khusyuk dengan kegiatan masing-masing :-D

menjelang meninggalkan Jogja :)

Aku bersama teman-teman Komselis meninggalkan Lekker Je sekitar pukul 14.15.