Sabtu, 22 Agustus 2015

Gowes Blusukan ke Pantai Tirang

Kontur kota Semarang yang terletak di pesisir utara Jawa Tengah memang tiada duanya. Trek jenis apa pun yang anda cari, di Semarang ADA! Mulai dari trek datar dalam kota dengan permukaan jalan yang halus, tanjakan turunan yang tersebar baik di dalam kota maupun di kawasan pinggiran, hingga offroad ringan maupun berat. Maka jangan heran berlatih bersepeda di Semarang merupakan salah satu hal yang wajib dicoba bagi para pesepeda.

Selain kaya atas jenis trek, di Semarang kita juga bakal dengan mudah jika ingin bersepeda ke kawasan gunung (misal ke Gunung Pati, ke Ungaran) atau ke pantai. Tak perlu puluhan kilometer yang kita lalui, terutama jika anda tingal di bagian 'downtown' Semarang, seperti aku. LOL. Bersepeda ke Sekatul - Boja yang terletak di ketinggian kurang lebih 450 mdpl, kita hanya perlu menempuh 27 kilometer dari Tugumuda, jantung kota. Goa Kreo - Gunung Pati, yang terletak di ketinggian sekitar 350 mdpl, jaraknya hanya 12 kilometer dari Tugumuda. Ke pantai? Ahhh ... ini jauh lebih dekat.

Pantai Tirang merupakan salah satu pantai yang terletak di pesisir utara kota Semarang. Letaknya berseberangan dengan pantai Maron yang mungkin lebih dikenal di Semarang, berjarak sebuah sungai. Sayangnya pantai Tirang tidak bisa ditempuh dari pantai Maron karena tidak ada jembatan yang menghubungkan keduanya. (Ada jembatan sebenarnya, namun entah mengapa jembatan ini tertutup sehingga tidak bisa dilewati.) Pantai Maron terletak di belakang bandar udara Ahmad Yani. Untuk menuju pantai Tirang, kita harus lewat perumahan Graha Padma, yang terletak di kawasan perumnas Hanoman - Krapyak. Setelah melewati bunderan Kalibanteng, terus saja ke arah Barat. Di traffic light pertama, kita belok ke arah kanan. Sekitar 300 meter, kita akan menemukan tulisan GRAHA PADMA, belok kanan. Ikuti jalan terus, hingga bunderan pertama, lurus, di bunderan kedua kita belok kiri. Sesampai jembatan, belok kanan, susuri pinggir pantai, hingga mentok. Di ujung (ada jalan setapak belok kiri), kita akan menemukan tulisan "KE PANTAI", belok kanan. Anda akan melewati jembatan kayu yang kondisinya hanya bisa dilewati oleh pejalan kaki, pesepeda, atau mereka yang naik sepeda motor. Setelah melewati jembatan yang menghubungkan kawasan perumahan Graha Padma dengan akses menuju pantai, kita belok kiri. Disini, trek berupa jalan tanah yang bakal sangat berdebu di musim kemarau, dan becek di musim hujan.

Jumat pagi 21 Agustus 2015 aku dan Ranz gowes kesini. Ranz yang sedang getol-getolnya latihan menggunakan kameranya untuk membuat video tentu menyibukkan diri dengan kaito, kamera barunya pengganti shane.

Sila nikmati foto-foto yang dijepret Ranz di bawah ini. :)

IB180 14.34 22082015

jembatan yang menghubungkan perumahan Graha Padma dengan akses jalan menuju pantai Tirang
trek menuju pantai Tirang, setelah lewat jembatan

yang unjuk narsis ga cuma orangnya, sepedanya juga :D